Tuesday, July 7, 2015

Menampilkan Persamaan Regresi di Excel 2007 dengan Trendline

Pendahuluan

Banyak kalanya data percobaan yang kita lakukan merupakan data diskrit (cuplikan). Data diskrit tersebut misalnya:
  1. Pengaruh tahanan (resistor) terhadap arus listrik
  2. Arus listrik terhadap daya
  3. dsb

Sebagai contoh yang sudah kita pelajari sebelumnya, kita ingin melihat hubungan antar variabel dependen dengan variabel independen tetapi kali ini menggunakan cara praktis. Semoga cara ini tidak hanya dapat digunakan tetapi juga dimengerti asalnya. Kita tidak ingin membeli kucing dalam karung kan?

Prerequisites

  1. Kita membutuhkan tools MS Excel 2007 (Untuk versi MS Excel sebelumnya atau sesudahnya silahkan disesuaikan).
  2. Data yang akan kita cari persamaan regresinya. Saya menggunakan dua data yang mewakili data linier dan data non linier.
Langkah-langkah

1. Pertama kita tulis data yang kita miliki ke dalam sheet MS Excel seperti pada gambar:


2.  Blok data tersebut kemudian pilih menu insert -> scatter -> scatter with smooth Lines and Marker (sebenarnya jenis scatter-nya bisa bebas saja) seperti pada gambar:


3. Akan terbentuk sebuah chart. Kemudian pilih garis seriesnya dan klik kanan pada garis series tersebut dan pilih add "Add Trendline" seperti terlihat pada gambar
 

4. Jika Add Trendline tidak muncul seperti pada gambar berikut, berarti anda salah dalam memilih object chartnya. Bukan garis series yang anda pilih. Ulangi langkah 3.

5. Memilih tipe regresi. Nah disini, kita akan memilih jenis (tipe) regresi yang cocok dengan grafik kita. Ada beberapa tipe jenis regresi yang ditawarkan oleh MS Excel 2007 yaitu: Exponential, Linier, Logaritmic, Polinomial dengan berbagai Order, Power dan Moving Average seperti terlihat pada gambar.


6. Kecocokan antara jenis regresi dengan grafik ditunjukkan dengan kurva fitting yang terbentuk dengan metode Least Square seperti ditunjukkan pada gambar berikut. Untuk menampilkan formula regresinya, centang "Display Equation on Chart".



7. Selesai.

9 comments:

  1. Mantap! Sangat membantu.. Terima Kasih

    ReplyDelete
  2. Tidak muncul grafik trend nya. Padahal udah sesuis prosedur.
    Solusinya dinh

    ReplyDelete
  3. kalau kita masukan nilai x terhadap persamaannya, ternyata tidak cocok tapi kalau yng dimasukan ke x itu data ke... cocok,

    ReplyDelete
  4. ka, saya masukin k modul saya ya, saya masukin k referesi juga ko. makasih banyak

    ReplyDelete
  5. Ka, saya mau tanya kalau persamaan dan grafiknya kok bisa gak sama ya kak? Waktu saya input persamaan ke google, grafik yg muncul beda dengan grafik yg saya buat

    ReplyDelete
  6. Terima kasih ya ka infonya sangat membantu :)

    ReplyDelete