URL Redirect Menggunakan Modul http_proxy di Apache2

Introduction

Migrasi server host mungkin sesuatu yang menakutkan untuk Network Administrator, tetapi hal ini kadang harus dilakukan untuk:
1. Memperoleh kondisi jaringan yang lebih baik;
2. Penamaan baru yang lebih "menjual";
3. Harga yang lebih ekonomis;
4. Dukungan teknis yang lebih baik;
5. Alasan keamanan;
5. dsb.

Hal menakutkan yang mungkin dialami oleh para admin adalah instal dan konfigurasi ulang server baru tersebut. Belum lagi masalah lainnya yang tidak kalah penting: Memikirkan bagaimana pengguna dapat dibawa ke host server baru tersebut tanpa kesulitan apalagi jika nama server lama sudah melekat erat di search engine.

Alasan lain adalah faktor keamanan. Security Administrator mungkin punya keinginan untuk menyembunyikan (masking) server baru tersebut, supaya intruder (baca: black hacker) pemula, tidak mengetahui dimana server sesungguhnya berada sehingga saat intruder tersebut ingin menyerang, mereka hanya menyerang target kosong.
Catat: Ini hanya berlaku untuk beginner hacker, untuk advance atau expert hacker, mungkin hal ini tidak terlalu berpengaruh. Mereka punya cara untuk mengetahui apakah server yang mereka serang merupakan empty target atau bukan.

Tapi, setidaknya kita sudah berusaha..

Preparation

Oke, setelah kita mengetahui fungsi dan manfaat dari apa yang akan kita pelajari, kita siapkan dulu kebutuhan perangkat lunaknya.
Ini server A yang saya gunakan:
1. OS Ubuntu 14.04.5 LTS 64 bit
2. Apache/2.4.7
3. modul proxy_http

Installation

Sebelum kita melakukan konfigurasi server, kita install terlebih dulu beberapa paket yang diperlukan.

1. sudo apt-get install libapache2-mod-proxy-html
2.
apt-get install libxml2-dev
3. a2enmod proxy proxy_http
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url