Upload File dari Ubuntu Server Ke Mega Storage Server

Pendahuluan

Pada tutorial sebelumnya, kita sudah pelajari mengupload file dari Ubuntu Server ke DropBox. Cukup panjang karena ketentuan baru untuk login Third Party yang ditentukan oleh DropBox. Permasalahan mendasar yang terjadi pada DropBox adalah ukuran storage DropBox tergolong sangat terbatas. Versi free-nya (saat tutorial ini ditulis) adalah 2GB.

Pada tutorial kali ini, kita akan mencoba mengupload file ke Mega Cloud Drive yang menawarkan ukuran penyimpanan 50GB pada versi gratisnya. Waow!!


Langkah-langkah

Seperti pada langkah yang sudah ditulis pada tutorial sebelumnya langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:

1. Siapkan akun di Mega.Nz. Anda bisa Create Account jika belum memiliki akun dan Login jika sudah memiliki akun. Penulis tidak menjelaskan proses pembuatan akun, karena penulis anggap pembaca cukup mahir urusan Sign-Up dan Sign-In.

2. Anda juga bisa install MegaSync untuk PC anda untuk menyingkronkan seluruh isi storage di Mega dapat dicopy pula ke local PC, sehingga nanti saat sebuah file dikirim dari Ubuntu Server ke Mega, PC anda-pun akan menerima file tersebut. Penulis tidak menulis tutorial untuk instalasi MegaSync di local PC karena tujuan utama tutorial ini adalah bagaimana meng-upload file ke Mega Cloud Drive.

3. Setelah anda memiliki akun, silahkan login ke Portal Mega.Nz dan buatlah sebuah directori tempat dimana file backup anda akan diletakkan (optional). Hal ini akan lebih mengorganisir penyimpanan anda dan memudahkan pencarian file anda di kemudian hari.


4. Selesai. Saat tutorial ini ditulis (23 Agustus 2020 jam 12:53 WIB), hanya ini yang perlu anda siapkan di Mega, tidak ada pengaturan API, Credential, Permissions, OAuth2 dan sebagainya. Entah suatu hari nanti Mega menambahkan aturan baru berkaitan dengan aplikasi Third Party.

5. Kita pindah ke Ubuntu Server (atau distribusi Linux yang lain) kita. Sama seperti tutorial sebelumnya, penulis menggunakan rclone versi terbaru yaitu v1.52.3 karena penulis tidak perlu menginstall aplikasi yang lain dan karena beberapa tutorial di internet dengan Megatools atau menggunakan rclone dari repository Ubuntu (saat tutorial ini ditulis) gagal penulis coba. Proses install rclone terbaru dengan perintah:

# curl https://rclone.org/install.sh | sudo bash

 

6.  Setelah proses instalasi selesai, saatnya menambahkan konfigurasi Mega pada rclone dengan perintah:

# rclone config


7.  Pilih Mega (nomor 21 saat tutorial ini ditulis).

  

8. Masukkan username yang anda gunakan untuk Login ke Mega Cloud Drive pada langkah nomor 2 di atas. Pilih "y" karena anda memiliki password sendiri di Mega, kemudian isikan password dan konfirmasikan password anda. Setelah itu pilih "n" untuk memudahkan konfigurasi dan terakhir pilih "y" untuk Yes this is OK (default).

9. Selesai. Sesederhana itu.

Uji Coba

1. Uji melihat isi Mega Cloud Drive gunakan perintah:

# rclone ls mega: (untuk melihat isi file) dan

# rclone lsd mega: (untuk melihat isi directory)


2. Uji coba upload file ke Mega

Untuk mengupload sebuah file ke Mega menggunakan rclone, bisa dilakukan dengan perintah:

# rclone copy coba_upload.txt mega:backup

Perintah ini digunakan untuk meng-upload file dengan nama coba_upload.txt ke directory backup

 

3. Voila!! File tersebut sudah terupload di directori Mega


Hanya menunjukkan, jika anda singkronkan dengan local PC, anda juga akan mendapatkan file coba_upload.txt itu di folder local PC.

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url